KONSEP DASAR PERILAKU ORGANISASI


A.    
DIMENSI-DIMENSI POKOK PEMBAHASAN TEORI ORGANISASI

Dalam hal kajian dimensi-dimensi pembahasan teori organisasi, terdapat tiga dimensi diantaranya adalah sebagai berikut:

1)    Dimensi Teknis

Dimensi ini menunjukkan bahwa keahlian merupakan aspek yang pentik sebelum menggerakkan sebuah organisasi. Dalam hal ini, dimensi teknis mampu menggerakan organisasi dengan keahlian-keahlian yang dimiliki oleh “manusia” didalamnya sebagai penggerak.

Tidak hanya itu, dimensi ini juga menunjukkan bahwa keahlian atau kecakapan orang-orang didalam organisasi mampu menggerakkan organisasi agar lebih maju dan mampu mencapai tujuannya.

2)    Dimensi Konsep

Dimensi ini menunjukkan bahwa dimensi pertama yaitu dimensi teknis mampu digerakkan oleh yang disebut konsep sebagai penggerak organisasi. Konsep disini sebagai rancangan-rancangan khusus dari keahlian atau kecakapan yang dimiliki oleh orang-orang didalam organisasi.

3)    Dimensi Manusia

Dari ketiga dimensi ini, yang paling pokok adalah “manusia”. Disini manusia sebagai penggerak dari konsep dan teknis yang ada. Tanpa adanya manusia didalam organisasi, maka organisasi tersebut mustahil akan berjalan. Namun, manusia dalam organisasi juga harus memiliki keahlian atau kecakapan dalam mengelola organisasi dengan konsep-konsep yang mampu meningkatkan organisasi.

B.   KERANGKA KONSEP DASAR PERILAKU ORGANISASI

Konsep dasar perilaku organisasi terdapat dua komponen yang mampu menunjang organisasi itu berjalan. komponen-komponen itu diantaranya adalah sebagai berikut:

1)    Individual sebagai komponen pertama. Perilaku individual ini sangatlah berpengaruh pada organisasi, baik perilaku terhadap individu lain maupun perilaku individu terhadap organisasi.

2)    Organisasi formal sebagai komponen kedua. Organisasi ini merupakan suatu wadah bagi individu-individu untuk menuangkan ide-ide kreatif dan menunjukkan keahlian atau kecakapan yang dimiliki.

 

C.   PERBEDAAN ILMU PERILAKU ORGANISASI DENGAN ILMU PERILAKU LAINNYA

Terdapat pendapat beberapa ahli mengenai pengertian perilaku organisasi diantaranya adalah sebagai berikut:

1)    Drs. Adam Indrawijaya, perilaku organisasi adalah suatu bidang studi yang mempelajari semua aspek yang berkaitan dengan tindakan manusia, baik aspek pengaruh anggota terhadap organisasi maupun pengaruh organisasi terhadap anggota

2)    Drs. Sutrisna Hari, MM, perilaku organisasi adalah suatu bidang studi yang mempelajari dinamika organisasi sebagai hasil interaksi dari sifat khusus (karakteristik) anggota dan sifat khusus (karakteristik) para anggotannya dan pengaruh lingkungan

Jika dilihat dari kedua pengertian diatas mengenai perilaku organisasi, dapat ditarik suatu kesimpulan bahwa perilaku organsasi merupakan suatu bidang studi yang mempelajarai segala aspek yang berhubungan dengan tindakan individu organisasi tersebut baik internal maupun eksternal,

Dalam hal ini yang membedakan ilmu perilaku organisasi dengan ilmu perilaku lainnya diantaranya adalah:

1)    Perilaku Organsisasi dengan Psikologi Industri,

Perbedaannya terletak pada awal mula dibentuknya bahwa perilaku organisasi  tidak diawali dengan mempelajari psikologi manusia dalam organsisasi, namun psikologi industri diawali dengan mempelajari psikologi manusia.

2)    Perilaku Organisasi dengan Teori Organisasi

Perbedaaan kedua ilmu ini terletak pada unit analisis. Jika dalam perilaku organisasi menggunakan analisis mikro, sedangkan pada teori organisasi menggunakan analisis makro. Maksudnya, perilaku organisasi penerapan yang dari ilmu pengetahuan dilihat dari tingkah laku individu dankelompok dalam organsiasi, sedangkan teori organisasi merupakan hasil dari organisasi  yang diterapkan, bukan hasil penerapan dari ilmu pngetahuan.

3)    Perilaku Organisasi dengan Personnel dan Human Resources

Perbedaan kedua ilmu ini yaitu jika perilaku organisasi lebih menekankan pada orientasi konsep seperti keahlian atau kecakapan yang dimiliki oleh individu, sedangkan Personnel dan Human Resources lebih menekankan pada teknik-teknik yang digunakan.

 

D.   RUANG LINGKUP KAJIAN PERILAKU ORGANISASI

Mempelajari perilaku manusia dalam organisasi melalui tiga tingkatan analisis.

  1. Tingkatan Individual

Kakteristik bawaan individu dalam organisasi yang merupakan aspek berjalannya organisasi.

  1. Tingkatan Kelompok

Dinamika perilaku kelompok yang berbeda-beda dan faktor-faktor determinannya pula perlu dipelajari.

  1. Tingkatan Organisasi

Faktor-faktor keorganisasian yang mempengaruhi perilaku baik individu maupun kelompok dalam organisasi.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

REFERENSI

Thoha, Miftah, (1983). Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasinya, Jakarta : PT. Rajawali

Robbins,Stephen P. 1996. Teori organisasi; Struktur. Design&aplikasi. Jakarta : ARCAN

 

http://evanmastiapala.blogspot.com/2011/04/pengertian-perilaku-organisasi-menurut.html

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s